Ponsel BlackMarket Seberapa Berpengaruh Terhadap Kerugian Negara? Belum ada peringkat.

By | 14 Juli 2019


Seputarinfomenarik.com – Saat ini sedang banyak beredar informasi tentang pemblokiran ponsel blackmarket, sudah ada beberapa member yang membagikan informasi tersebut di sini, kemudian saya tertarik dengan komentar salah satu member yg menanyakan, apa tujuan pemerintah memblokir ponsel BlackMarket, dan apakah barang BlackMarket sangat merugikan Negara?

Black market atau pasar gelap, Di katakan pasar gelap karena adanya transaksi yang di lakukan “di dalam kegelapan” atau di luar penglihatan hukum, barang yang di jual merupakan barang yang tidak resmi melalui jalur hukum suatu Negara sehingga bersifat illegal.

Barang yang di perjual belikan di pasar gelap bisa berupa obat2an terlarang, senjata api, organ manusia, serta barang lain yg bersifat ilegal seperti barang yang tidak terkena pajak.
(sesuai pertanyaan kita bahas saja barang yang di jual untuk menghindari pajak)

Pada kasus penjualan ponsel BlackMarket, Kerugian yang sangat berdampak bagi Negara adalah pemerintah berpotensi kehilangan pendapatan pajak, dimana tujuan dari pasar gelap adalah untuk menghindari segala jenis pajak yang harus di bayarkan kepada pemerintah.
pernah ada satu artikel yang admin baca di mana di artikel itu di sebutkan bahwa pemerintah berpotensi kehilangan pemasukan pajak sebesar 5 Trilliun setiap tahunnya dari sektor industry ponsel, karena banyaknya ponsel illegal yg beredar.

Pasar gelap juga menyulitkan pembangunan ekonomi Negara karena segala sesuatu yang bersifat illegal transaksinya tidak di catat sehingga menyulitkan pemerintah untuk memperkirakan status ekonomi negaranya, ini akan mengakibatkan pemerintah sulit dalam menerapkan kebijakan.
Selain merugikan pemerintah pasar gelap juga sangat merugikan industri yang bersifat legal, dengan banyaknya jenis barang yang bisa di dapat dengan harga yang lebih murah dari barang resmi tentu akan membuat industry yang bersifat legal mengalami kerugian karena menurunnya jumlah konsumen, jika suatu industri mengalami kerugian dan mencabut investasinya pada suatu negara maka resiko yang sangat berdampak adalah meningkatnya jumlah pengangguran. 

Contoh kerugian lain dari kasus ponsel BlackMarket, Di saat konsumen lebih memilih barang murah dari jalur tidak resmi maka akan berdampak pula pada mati nya bisnis toko handphone yg menjual barang secara legal, saat bisnis mulai menurun maka yg terjadi adalah pengurangan pegawai, dan dapat di pastikan akan kembali meningkatkan jumlah penganggguran.
Kenapa banyak konsumen lebih memilih barang BlackMarket daripada yang resmi? 
  • Pertama, barang BlackMarket umumnya memiliki harga yg lebih murah, dan kecenderungan warga negara berkode +62 dalam berbelanja adalah “harga gak masalah yang penting murah” konon katanya nilai pasar gelap di indonesia tertinggi seasia tenggara? 
  • Kedua, banyak yg mengatakan spesifikasi barang BlackMarket lebih bagus dari pada barang resmi 


Apa kerugian membeli barang BlackMarket? Pertama kita tidak pernah tahu apakah yang kita beli merupakan barang original atau tiruan atau bisa jadi barang tersebut merupakan barang curian, kedua di karenakan produk BM tidak melewati bea cukai maka tentu saja produk tersebut tidak mendapat garansi resmi. Ketiga resiko ‘terbaru’ adalah pemblokiran dari pemerintah.
Lalu apa tujuan pemerintah memblokir ponsel BlackMarket? Itu merupakan bentuk upaya pemerintah dalam meminimalisir peredaran barang illegal, sehingga pemerintah dapat melindungi industry ponsel (legal) dari persaingan tidak sehat.

Nah bagaimana tanggapan kalian nih mengenai kehadiran barang barang BlackMarket? berikan komentarnya ya 😀

Bantu kasih nilai artikel ini ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *