Mengapa Lukisan Abstrak Begitu Mahal? Berikut Alasannya! Belum ada peringkat.

By | 6 Juli 2019


Seputarinfomenarik.com Lukisan abstrak yang hanya dilukis sedemikian sederhananya tapi memiliki harga yang bisa mencapai jutaan dolar amerika, atau miliaran rupiah. Kenapa bisa, ya?

Sebelumnya, pernah lihat gambar yang kamu yakini gambar pasir, tapi mereka bilang itu gambar air? Jika memang niat pelukis tidak bermaksud, tidak ada jawaban pasti untuk ‘gambar apa’ itu. Karena semua orang punya hak untuk menilai dari mana imajinasi mereka membawanya pergi.
Nah, mengapa lukisan abstrak bisa semahal itu?
[ Dari keindahan lukisan itu sendiri ]
“Indah? Indah dibagian mananya?”
Indah jika kita memahami artinya. Arti dari lukisan abstrak ditentukan dari bagaimana imajinasi kita memahami gambar itu. Tidak ada hal pasti yang menentukan ‘gambar apa’ itu, semua orang memiliki cara pikir yang berbeda. Jadi lukisan itu sendiri sebenarnya tidak memiliki arti, karena kita yang membuat arti dari lukisan itu. Bisa dikatakan, lukisan abstrak ‘tidak ada arti’ tapi kita sendiri yang membuatnya berarti, dengan imajinasi.
Lukisan abstrak bisa benar-benar indah tergantung dari orang yang memahaminya. Dan memang tidak semua orang bisa memahami seni abstrak, karena unsur dari lukisan itu sendiri yang hampir semuanya tidak ada di dunia nyata (garis-garis, bangun datar, tubuh manusia yang porak-poranda, dll). Oleh karena itu dibutuhkan cara pikir yang kreatif dan imajinasi untuk memahami sebuah lukisan abstrak. Karena memang, memahami seni abstrak termasuk sulit untuk sebagian orang.
Walau begitu, ada sebagian orang yang rela membeli lukisan abstrak dengan harga miliaran beralasan suka. yups, ‘hanya’ beralasan suka, walau tidak tahu makna dari lukisan itu. Seperti halnya menyukai lagu yang tidak kita ketahui makna dari liriknya. Hanya ‘sekadar’ suka tanpa ada maksud tertentu.
[ Bagaimana lukisan itu dibuat ]
Tentu saja dilukis. Sekilas lukisan abstrak sangat mudah kita buat, sampai berpikiran, “bahkan adikku yang masih TK bisa membuatnya.”
Anda salah. Membuat lukisan abstrak tidak sesederhana itu. Dimulai dari komposisi yang menggunakan 4 prinsip inti, desain, cara untuk mengekspresikan maknanya tanpa terjebak dalam alur cerita yang dibawa oleh benda dan pemandangan (kalau terbawa suasana nanti ga jadi lukisan abstrak wkwk), dll.
“Dari semua seni, lukisan abstrak adalah yang paling sulit. Ini menuntut Anda tahu cara menggambar dengan baik, bahwa Anda memiliki kepekaan yang tinggi untuk komposisi dan warna, dan bahwa Anda menjadi seorang penyair sejati. Yang terakhir ini penting,” kata dari Wassily Kandinsky yang sudah diterjemahkan ke bahasa indonesia.


Nah bagaimana nih tanggapan kalian mengenai lukisan abstrak? berikan komentarnya ya 😀

Bantu kasih nilai artikel ini ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *