Kontroversi Terkait kewarganegaraan Ezra Walian Yang Tak Kunjung Berakhir Belum ada peringkat.

By | 23 Maret 2019

Kontroversi kewarganegaraan Ezra Walian

Dalam statuta FIFA disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional.
Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yang utama adalah ia tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, termasuk hanya sebagai pengganti. Apabila dia pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.
Yang menjadi masalah adalah Ezra pernah bermain bersama Belanda U-17 pada tahun 2013 lalu. Kala itu ia tampil di Kualifikasi Euro 2014 melawan San Marino dan Georgia.
Berpegangan pada ini, FIFA pun melarang Ezra membela Timnas Indonesia. Hal ini terasa janggal karena sebelumnya Ezra pernah bermain di uji coba FIFA kelas A melawan Myanmar. Selain itu ia juga tampil di SEA Games 2017.
Kejanggalan lainnya bila melihat kasus lain yakni pemain timnas Thailand, Charyl Chappuis. Ia pernah membela timnas Swiss U-15, U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-20 sebelum membela Thailand U-23 dan kini senior.
Bahkan Chappuis membela Swiss di Piala Dunia U-17 2009 yang notabene merupakan ajang resmi FIFA. Kala itu ia membawa Swiss keluar sebagai juara.
Chappuis akhirnya dipanggil Thailand U-23 pada tahun 2013. Ia bermain di bawah asuhan Kiatisuk Senamuang pada SEA Games 2013 dan Asian Games 2014.

Chappuis kini menjadi andalan Thailand senior tanpa terkendala masalah administrasi. Ia bahkan berhasil membawa Thailand menjadi juara Piala AFF 2014 dan 2016.
dan anehnya kenapa PSSI tidak memperjuangkan Status kewarganegaraan Ezra padahal dia rela tidak menghadiri pemakaman kakeknya di Belanda demi Timnas Indonesia

Semoga saja cepat selesai terkait masalah ini dan Ezra Walian pun bisa membela indonesia.


Menurut kalian para pecinta timnas indonesia gimana nih? patut diperjuangkan atau tidak?

Kalau admin sih patut diperjuangkan soalnya sang pemain sendiri mempunya semangat nasionalisme tinggi terbukti dia rela meninggalkan timnas belanda demi indonesia tercinta!


Untuk Mendapatkan Update Artikel Gratis Melalui Email Kalian Bisa Mem Follow Situs Ini


Contoh Seperti Gambar Berikut:



Bantu kasih nilai artikel ini ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *