Kamu Harus Tahu! Ini 7 Fakta Menarik Kota Makassar Belum ada peringkat.

By | 8 Oktober 2019
Kamu Harus Tahu! Ini 7 Fakta Menarik Kota Makassar

 

Seputarinfomenarik.com – Makassar merupakan kota utama, atau kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur. Kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timur. Ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini bisa dibilang, menjadi gerbang utama menuju kawasan lain di Sulawesi dan Indonesia Timur. Bandar Udara Hassanudin, menjadi persinggahan pesawat ke seluruh destinasi di Sulawesi, Maluku dan Papua.
Kota Makassar terkenal dengan kekayaan wisata sejarah, budaya dan kulinernya. Kota seluas 199,26 km persegi ini menjadi rumah bagi etnis Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa. Keberagaman dan perjalanan sejarah dari kota Makassar inilah yang membuat Makassar kaya dengan landmark kota dan wisata yang menarik.
 

Fakta Kota Makassar:

 
1. Kelihatannya berwatak kasar (Bicara keras), padahal orang Makassar ramah-ramah lho
Mungkin bagi orang yang belum paham dengan karakteristik orang Makassar bisa langsung sakit hati ketika diajak berbicara. Logat orang Makassar memang cenderung kasar dan cenderung menggunakan nada tinggi seperti orang yang sedang marah-marah. Tapi sebenarnya mereka baik-baik lho. Sifat mereka ramah-ramah, cuma nada bicaranya aja yang tinggi.
 
 
2. Nama Lain Makassar
Fakta Kota Makassar selanjutnya yaitu Makassar dikenal dengan nama lain di antara tahun 1971 hingga 1999. Kota ini dikenal sebagai ‘Ujungpandang’ atau ‘Ujung Pandang’ yang berarti akhir atau ujung pandang. Nama panggilan Makassar adalah ‘Kota Daeng’.
 
 
3. Makassar punya aksara tradisional
Kalau di Jawa ada aksara tradisional yang bernama Aksara Hanacaraka, aksara tradisional yang dimiliki oleh Makassar adalah Aksara Lontara. Aksara ini digunakan dalam penulisan dokumen, peta, surat perjanjian, bahkan buku harian yang biasanya ditulis pada daun lontar. Unik banget ya.
 
 
 
4. Makassar menjadi salah satu macan Indonesia
kota ini juga merupakan salah satu dari 5 kota yang dijuluki kota macan asianya indonesia diantaranya jakarta, surabaya, medan, bandung dan makassar.
Kenapa makassar masuk dalam kategori itu, karena kota ini merupakan kota yang sangat penting di indonesia bagian timur, disinilah banyak suku bangsa berkumpul, dan juga merupakan gerbang indonesia timur, sebagai kota metropolitan terbesar ke lima di indonesia makassar berperan penting dalam bidang perdagangan indonesia, khususnya maritim/laut.
 
 
5. Penggunaan akhiran ”G” di akhiran kata ”N”
Ini jadi kebiasaan bagi orang Makassar, bagi yang belum pernah mendengar mungkin akan terdengar menjadi lucu banget. Seperti kata ini: ”lain” menjadi ”laing” dan ”kapan” menjadi ”kapang”. Unik banget ya bahasa orang Makassar ini.
 
 
6. Motto Unik
Moto Makassar cukup unik yaitu: ‘Sekali Layar Terkembang, Pantang Biduk Surut Ke Pantai’ menunjukan semangat kepribadian yang pantang mundur. Di dalam lambang Kota Makasar juga terdapat perahu yang kelima layarnya sedang terkembang melambangkan bahwa Kota Makassar sejak dahulu kala adalah salah satu pusat pelayaran di Indonesia.
 
 
7. Ada masjid terapung khas Kota Makassar
Gak mau kalah dengan Masjid Ar-Rahmah yang berada di Jeddah, Masjid Amirul Mukmin menjadi salah satu landmark Kota Makassar yang unik. Pasalnya, masjid ini merupakan masjid terapung yang berada di Pantai Losari.
 
 
 
Nah itulah info menarik mengenai Kota Makassar, jika tak keberatan silahkan share ke media sosial ya 😀

Bantu kasih nilai artikel ini ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *