Arti Dari #INAelectionObserverSOS Yang Viral Di Media Sosial Akhir-Akhir Ini

By | 19 April 2019


sumber : dari fbnya admin



Selamat siang agan” sedang ramai beberapa hari ini dan menjadi perbincangan terutama difacebook instagram,twitter, dan media sosial lainnya ,pasalnya diberanda cukup banyak bertebaran #INAelectionObserverSOS , menurut kabar yang beredar ini merupakan serangan hacker dari negara lain seperti : amerika,china,dll , nah disini admin bakal menjelaskan sedikit nih mengenai apa arti #INAelectionObserverSOS dan apa benar KPU diserang hacker sehingga website nya down 

APA SIH ARTI DARI #INAelectionObserverSOS.
Kira-kira jawabannya begini nih:
  • INA adalah singkatan nama Indonesia di dunia internasional. Sering dipakai utk kegiatan olahraga.
  • Election artinya pemilihan umum.
  • Observer artinya pemerhati atau pengamat.
  • SOS adalah kode internasional yg menandakan ada sesuatu yg sangat penting, emergency atau darurat.

Sehingga kalau digabungkan makna #INAelectionObserverSOS artinya: Rakyat Indonesia meminta bantuan dunia internasional agar mempelototi pelaksanaan Pemilu di Indonesia berjalan transparan, jujur dan adil. Khususnya kejujuran data hasil pemilihan. Urgent.


Tagar ini sekarang sudah memuncaki trending topic dunia hanya dalam dua hari berselang. Luar biasa antusiasme masyarakat akal sehat Indonesia. Informasi terakhir sudah dua negara, yakni Korea Selatan dan Filipina, secara resmi mendaftar menjadi pemantau pemilu Indonesia.

BENAR ATAU TIDAK SIH KPU DISERANG HACKER?

setelah admin melakukan pengecekan dibeberapa sumber terpecaya
ternyata di https://www.isitdownrightnow.com/kpu.go.id.html , terdapat keterangan bahwa website tersebut memang down, namun bukan karena diserang hacker tetapi karna overload ( tertulis DOWN for everyone, digambar dibawah ini)



para “penggelut IT dadakan” melampirkan foto dan video traffic data yang berasal dari cybermap milik karsperksy, checkpoint, threatcloud, dll. ( cek gambar dibawah ini )





Oke, mari kita mengenal cybermap.
Cybermap adalah suatu peta lalu lintas data keluar masuk, cybermap tidak memiliki IP dan lokasi secara spesifik, sehingga tidak jelas IP / komputer mana yang sedang menyerang maupun diserang dalam cybermap yang ada hanyalah traffic negara A -> B ataupun sebaliknya Cybermap bukanlah sesuatu yang pantas untuk dijadikan acuan bahwa satu website sedang dihack.

BACA ARTIKEL DIBAWAH INI:


Penjelasan yang lebih simplenya, Indonesia menjadi salah satu negara yang sering kecolongan, karena banyak yang menggunakan program illegal dan bajakan, tentu saja program tersebut disusupi program berbahaya seperti Adware, Malware, Spyware, dll. ketika program berbahaya tersebut aktif disuatu perangkat yang terkoneksi ke internet, aktivitas internet ini akan tercatat dicybermap.

perangkat tersebut misalnya, komputer pribadi, kompter perusahaan, smartphone, dll.
jadi sekali lagi, cybermap bukanlah patokan yang penting bagi para IT security
admin melampirkan data sumber traffic cybermap yang sering terjadi di Indonesia ( cek gambar dibawah ini)




TRIVIA, Hacktool menjadi salah satu program dengan lalu lintas terbanyak di Indonesia karena maraknya cheater game online, trainer game, dan crack aplikasi
adapun, klarifikasi oleh komisioner KPU RI, Pramono Ubaid, beliau menjelaskan tumbangnya server KPU karena traffic yang melonjak tajam. sistem yang dipakai ini dinamakan Situng ( sistem penghitungan )
“jadi perlu kami pastikan sistem IT KPU sebenarnya aman aman saja. Kalaupun hari ini atau beberapa saat yang lalu down, memang trafficnya sangat tinggi” ujar pramono seperti dikutip dari kumparan.com, kamis (18/4/2019)

ARTIKEL TERKAIT: 


traffic tinggi ini karena masyarakat ingin memastikan antara hasil Quick Count dari beberapa lembaga survert dengan hasil real count KPU
pramono kembali menegaskan situng tidak mempengaruhi penghitungan suara. Hal ini karena penghitungan suara dilakukan secara manual dan berjenjang
Alfons menambahkan bahwa “data hasil pemiluu itu sifatnya offline, jadi aman dari peretas online”





Sumber: Indonesian Hoaxes




Sekian info mengenai #INAelectionObserverSOS yang sedang viral akhir-akhir ini

Kalian juga bisa mendapatkan update artikel gratis melalui email kalian Bisa mengikuti Situs Ini dengan menekan tombol follow 🙂



Contoh seperti gambar berikut:



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *