Apa Sih Bedanya Orang Irit Dengan Orang Pelit?

By | 19 Agustus 2019


Seputarinfomenarik.com Apa Sih Bedanya Orang Irit Dengan Orang Pelit? Sifat irit adalah sifat yang harus dimiliki jika kalian ingin keuanganmu aman. Gak hanya menuruti keinginan, tapi kamu berusaha juga untuk menabung. Berbeda atau berbanding terbalik dengan sifat pelit yang membuatmu sama sekali gak mau rugi dan membuat jengkel orang lain.

Nah, kira-kira apa sih bedanya sifat irit dan pelit? admin coba merangkumnya disini:


1. Orang hemat fokus gimana caranya menabung, beda dengan orang kikir yang hanya fokus gimana caranya gak rugi


Mereka yang punya sifat irit bakal fokus bagaimana cara mereka untuk menabung. 
Mereka ingin menyisihkan dananya supaya bisa ditabung dan gak dihabiskan untuk kepentingan yang kurang perlu. Bedanya, orang pelit hanya fokus gimana cara mereka agar tidak rugi. Mereka tidak khawatir tidak bisa menabung yang penting mereka selalu untung dan sama sekali gak mengeluarkan uang.


2. Mereka yang punya sifat irit itu selalu penuh strategi, beda dengan orang pelit yang cenderung egois
Orang hemat itu strategis. Mereka punya banyak sekali strategi yang jelas, entah itu menetapkan budget, mengaplikasikan sistem ‘subsidi silang’, hingga disiplin pada diri sendiri. Sangat berbeda dengan orang kikir yang sangat egois. Mereka hanya memikirkan keuntungan diri sendiri dan cenderung itungan karena gak mau rugi.


3. Orang yang irit pasti punya skema keuangan yang sangat jelas, sangat bertolak belakang dengan orang pelit yang lebih baik minta
Orang irit itu punya skema keuangan yang jelas. Misalnya nih, mereka memberi budget untuk foya-foya selama seminggu sebesar Rp 100 ribu saja. Jadi mereka gak akan mengeluarkan uang lebih dari itu karena disiplin dengan visi dan misinya sendiri. 
Sangat berbeda sekali dengan orang pelit yang misinya hanya gak mau rugi. Orang pelit hampir gak pernah mau mengeluarkan uang. Bahkan, bisa jadi mereka lebih baik meminta daripada harus memberi.



4. Orang yang hemat itu tahu kapan harus memberi kepada orang lain, orang pelit sama sekali gak mau memberi
Mungkin orang ini memang memangkas pengeluaran karena ingin berhemat. Namun, gak lantas mereka enggan berbagi dengan sesama. Orang yang punya sifat hemat tetap menyisihkan uangnya untuk membantu sesama, entah itu sumbangan untuk teman yang menikah, ulang tahun, atau sakit. Sangat bertolak belakang dengan orang kikir yang sama sekali gak pernah atau jarang memberi.



5. Sikap hemat itu sangat bermanfaat untuk diri sendiri, sikap pelit justru rela menyengsarakan dirinya sendiri
Irit atau hemat bakal bermanfaat untuk diri sendiri. Selain belajar menahan hawa nafsu, kamu juga jadi punya tabungan karena uangmu gak habis tanpa makna, Orang hemat memiliki trik ‘subsidi silang’ demi memenuhi kebutuhannya.
Misalnya jika kemarin mereka sudah makan enak, maka 2 hari ke depan mereka harus makan dengan menu biasa saja. Sangat berbeda dengan orang pelit. Orang pelit itu rela menyengsarakan diri sendiri karena gak mau mengeluarkan uang sepeserpun.


6. Orang yang punya sifat hemat tidak akan membuat orang lain kesal, beda dengan sifat kikir yang membuat orang lain jengkel
Sifat hemat tidak akan membuat orang lain kesal karena sikap ini baik untuk diri sendiri sekaligus gak merugikan orang lain. Berbeda terbalik dengan sifat pelit yang justru membuat orang lain sangat kesal. Sikap yang egois dan tidak mau berbagi ini bakal membuatmu jadi pribadi yang dibenci dan dijauhi.


Nah kamu termasuk yang golongan mana nih? pelit atau irit hahahahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *