4 Faktor Penyebab Seseorang Sulit Mendapatkan Pekerjaan

By | 6 September 2019
4 Faktor Penyebab Seseorang Sulit Mendapatkan Pekerjaan

Faktor penyebab sulit mendapat pekerjaan


Seputarinfomenarik.com – Apakah kamu seorang pencari kerja? atau kamu seorang yang baru lulus sekolah? Dan apakah kamu sulit dalam mendapatkan pekerjaan? Mari baca artikel ini, semoga dapat membantu mu mengevaluasi diri.

Bekerja adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan seseorang untuk mencari uang dalam memenuhi kebutuhannya atau keluarganya sehari-hari. Kenapa saya bilang salah satu? Karena mencari uang bukan hanya bisa dilakukan dengan bekerja saja, tetapi bisa juga dengan berdagang dll.
Mencuri dan menipu juga bisa menghasilkan uang, tapi jangan sampai kita melakukan hal tersebut!
Jangan karena kita merasa mencari pekerjaan itu sulit, kita jadi nekad mencuri dan menipu, karena mencuri dan menipu adalah perbuatan yang melanggar hukum, bukan hanya melanggar hukum agama saja, tetapi hukum pidana juga.
Kembali ke laptop! Jika ditanya, Apa sih penyebab sulitnya mendapatkan pekerjaan? Pasti sebagian besar orang akan menjawab “Karena tidak ada orang dalam atau karena sedikitnya lowongan pekerjaan yang tersedia.”
Oke, jika menurut sebagian besar orang seperti itu, maka aku juga setuju.
Tapi menurut admin tidak semua penyebab sulitnya seseorang dalam mendapatkan pekerjaan disebabkan oleh karena kedua hal tersebut saja, tetapi terdapat pula penyebab lain, berikut ini adalah 4 faktor penyebab sulitnya seseorang dalam mendapatkan pekerjaan.
 
Faktor penyebab sulit mendapat pekerjaan
CV Tidak Menarik
Bisa dibilang CV adalah pintu masuk lamaran, maka dari itu usahakan buatlah CV yang se-menarik mungkin agar perusahaan yang kamu lamar dapat melirik kamu.
Jangan sampai CV yang kamu buat hanya berisi informasi yang seadanya saja, tanpa disertai gambaran yang jelas mengenai latar belakang pendidikan, keahlian ataupun pengalaman yang sudah kamu miliki.
Pikirkan juga tentang kemampuan apa yang sebaiknya kamu tekankan yang sekiranya sesuai dengan kriteria perusahaan yang kamu tuju.
 
Kurang dapat meyakinkan ketika interview
Seorang Hrd biasanya mempunyai insting dalam menilai seorang pelamar kerja, jika kamu memberikan informasi yang masih kamu ragukan atau yang belum kamu yakini, biasanya ia dapat merasakannya. Maka jawablah dengan yakin dan jujur pada setiap pertanyaan yang dilayangkan oleh Hrd tersebut, dan tunjukanlah keantusiasan mu terhadap pekerjaan yang kamu lamar tersebut.
 
Tidak tahu informasi mengenai perusahaan yang dituju.
Seringkali dalam wawancara kerja seorang Hrd menanyakan informasi tentang perusahaannya seperti apa, bergerak dibidang apa, hasil produknya apa, SOP nya seperti apa dll.
Maka akan lebih baik sebelum kamu mengikuti wawancara kerja, kamu mencari tahu sebanyak-banyaknya informasi mengenai perusahaan yang kamu lamar seperti apa, dengan itu kamu bisa menjawab secara yakin dan tegas setiap pertanyaan yang ditanyakan kepada mu, maka dengan itu perusahaan yang kamu tuju akan tertarik kepada mu.
 
MALAS DAN MUDAH MENYERAH.
Nah yang terakhir dan yang paling sulit hilang dari dalam diri manusia khususnya manusia indonesia zaman sekarang, adanya malas dan mudah menyerah menjadi salah satu penyebab besar dizaman sekarang, misalnya orang ditawari kerja dengan gaji yang gak sesuai atau diatas UMR nah si pencari kerja ini biasanya menggunakan alasan itu untuk menolak atau contoh lain misal anda mencari kerja baru saja mengirim lamaran ke satu PT ditolak dan tidak mau melamar lagi maka dari itu anda harus hilangkan itu semua.
 
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
 

 

 
 
Pendapat admin!
 
Menurut admin sih masalah utamanya dan yang harus dihilangkan adalah ego, coba deh kalian ego nya pasti kalian mendapat pekerjaan ya meski nantinya gaji tak sesuai jalani dengan ikhlas dan senang hati, coba lihatlah ayah kalian atau orangtua kalian betapa pantang menyerahnya mereka bekerja demi anaknya.
 
Kalau pengalaman admin sih, admin pernah kerja ditiga tempat dan pertama pasti sangat aneh dan begitu kaget sih apalagi kalau jauh dari rumah atau orangtua, namun admin dulu sempat bingung dan alhamdulillah sekarang bekerja freelance dan mungkin nanti bakal mencari pekerjaan sembari menunggu kabar dari teman.
 
 
Nah itulah Faktor penyebab sulit mendapat pekerjaan, silahkan kalian share nih ke sosial media atau temen-temen kalian dan semoga kalian yang sedang menganggur atau belum bekerja bisa dapat mendapat pekerjaan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *