Widget HTML Atas

Berapa Gaji Presiden dan Wakil Presiden RI? Ini Jawabannya

Gaji Presiden dan Wakil Presiden RI

 Di Indonesia presiden dan wakil presiden di pilih langsung oleh rakyat melalui Pemilu yang dilakukan 5 (lima) tahun sekali. Jabatan presiden akhir-akhir ini menjadi sangat hangat di perbincangkan.

Lalu berapa gaji seorang presiden Republik Indonesia? Yuk berikut penjelasannya.

Besaran Gaji Pokok Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Presiden merupakan jabatan tertinggi di Indonesia, tentu presiden memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat besar untuk kemajuan bangsa.

Pada masa pemerintahan presiden jokowi saat ini masih menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2000 tentang Gaji Pokok Lembaga Tertinggi Negara. Lalu Undang-Undang Dasar Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan Administratif Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam UU Nomor 7 Tahun 1978 menjelaskan gaji pokok presiden adalah 6 (enam) kali dari gaji pokok pejabat negara  tertinggi selain presiden dan wakil presiden.

Sedangkan gaji pokok wakil presiden yaitu 4 (empat) kali dari gaji pokok pejabat negara tertinggi selain presiden dan wakil presiden.

Gaji Presiden dan Wakil Presiden RI (2)

 

Pejabat Negara Republik Indonesia tertinggi dibawah presiden dan wakil presiden adalah Ketua DPR RI dan Ketua MPR RI, yakni gaji pokok sebesar Rp. 5.040.000.

Jadi jika di kalkulasikan gaji pokok Presiden Republik Indonesia = 6 X Rp. 5.040.000, maka gaji pokok presiden jokowi sebesar Rp. 30.240.000 per Bulan.

Sedangkan untuk gaji pokok wakil Presiden Republik Indonesia = 4 X Rp. 5.040.000, maka wakil presiden ma’ruf amin mendapatkan gaji pokok sebesar Rp. 20.160.000 per Bulan.

Tunjangan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

Selain gaji pokok di atas presiden dan wakil presiden mendapatkan Tunjangan Jabatan yang diatur dalamm Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 68 Tahun 2001.

Di dalam aturan tersebut disebutkan bahwa tunjangan presiden adalah Rp. 32.500.000, sedangkan wakil presiden Rp. 22.000.000 per Bulan.

Kesimpulan

Besaran total gaji Presiden Jokowi jika Gaji Pokok di tambah dengan Tunjangan Jabatan adalah sebesar Rp. 62.740.000 per Bulan.

Sedangkan Total gaji Wakil Presiden Ma’ruf Amin adalah sebesar Rp. 42.160.000 per Bulan.

Selain gaji pokok dan tunjangan melekat, presiden juga mendapatkan biaya yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dan kewajibannya, seluruh biaya rumah tangga, dan seluruh biaya perawatan kesehatan presiden dan keluarganya.

Gaji Presiden Jokowi

 

Presiden dan wakil presiden juga mendapatkan tempat kediaman yang disediakan negara dengan segala perlengkapan, kendaraan, dan pengemudinya. 

Untuk hak pensiun, presiden dan wakil presiden akan mendapatkan pensiun pokok sebesar 100 persen (%) dari gaji pokok terakhirnya. Setelah pensiun dari jabatannya, presiden akan mendapatkan rumah yang disediakan negara untuk tempat tinggalnya dimasa pensiun.

Tidak ada komentar untuk "Berapa Gaji Presiden dan Wakil Presiden RI? Ini Jawabannya"