Widget HTML Atas

Inilah Perbedaan Akun Google AdSense Hosted dan Non Hosted

perbedaan akun google adsense hosted dan non hosted
 

Google AdSense merupakan produk pengiklanan yang dimiliki oleh google, dimana google bekerja sama dengan para publisher atau influencer untuk meyangkan iklan miliknya. Dalam prakteknya Google AdSense menyediakan penayangan iklan untuk situs website, youtube dan aplikasi.

Pasti di sini sobat sudah sedikit banyaknya mengetahui apa itu Google AdSense, namun perlu diketahui bahwa AdSense sendiri memiliki dua jenis loh. Yaitu Google AdSense Hosted dan Non Hosted. Sebenarnya keduanya sama saja tidak ada perbedaan yang signifikan. Ibarat kembar tapi tak sama. Hehe dah kaya judul sinetron.

Google AdSense Hosted

Jika ditarik sebuah pengertian maka Google AdSense Hosted merupakan penayangan iklan yang ditampilkan pada media partner resmi adSense itu sendiri. Contohnya adalah Blogger, Youtube dan Admob. Lantas apa perbedaannya dengan Non Hosted, oke sabar ya mas, jangan bar-bar nanyanya. Ini saya akan jelaskan hehe.

Tentu saja kedua jenis akun AdSense ini memiliki beberapa perbedaan baik itu dari segi kelebihan ataupun kekurangan.

Kelebihan Akun Google AdSense Hosted

1. Lebih Mudah di Approve

Salah satu kelebihan akun AdSense Hosted adalah cepat diterima sebagai publisher. Hal ini dikarenakan platform yang digunakan adalah partner resmi dari google itu sendiri. Yang termasuk dalam platform milik Google AdSense adalah Blogger atau sering disebut blogspot, Youtube dan Admob.
Blogger sendiri diperuntukan untuk seorang penulis di internet, yang memungkinkan seseorang memilki situs blog pribadi. Dengan hal itu google menawarkan peluang penghasilan untuk menayangkan iklan, dengan kata lain blog kita akan dibayar jika berhasil diterima untuk menayangkan iklan di blog milik kita. Sementara itu suatu blog dapat menampilkan iklan jika sudah di terima Google AdSense.

Selanjutnya Youtube, pasti disini kalian sudah kenal banget apa itu youtube dan mungkin sudah banyak yang tau bahwa seseorang juga dapat mendapatkan penghasilan dari youtube dengan catatan Channel youtubenya sudah di terima Google AdSense. Berbeda dengan Blogger, youtube adalah platform streaming video dimana para pemilik channel youtube dapat menampilkan iklan jika sudah memenuhi persyaratan agar dapat di terima google AdSense. Jadi buat kamu yang memiliki akun youtube dan sudah memiliki banyak video dan konsisten. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan channel kamu ke Google AdSense, lumayan untuk tambahan uang jajan.

Kemudian ada Admob, jika blogger diperuntukkan penulis di situs blog dan youtube untuk para creator dalam bentuk video, nah sedangkan Admob ini berbeda yaitu diperuntukan untuk monetisasi aplikasi android ataupun ios. Mungkin kalian pernah menjumpai membuka suatu aplikasi di HP kalian, kemudian muncul iklan, nah itulah yang di sebut Admob. Walaupun tetap aplikasi yang di daftarkan harus melewati review untuk di approve, namun biasanya hal tersebut tidak memakan waktu lama.

2. Lebih Murah dan Gratis

Kelebihan yang selanjutnya jika adalah gratis tanpa mengeluarkan modal, diluar kuota internet dan wifi ya hehehe. Jika kamu mendaftar blogger kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan hosting untuk penyimpanan situs blog kamu. Lalu kamu tidak perlu beli domain untuk alamat URL situs blog kamu.
Begitu juga dengan Youtube dan Admob, kamu tidak dipungut biaya sedikit pun saat mendaftar. Enak banget gak tuh.

Kekurangan Akun Google AdSense Hosted

Tentunya dimana ada kelebihan tentu ada kekurangannya, didunia ini tidak ada yang absolute. Yang sempurna dan taka da cacat sedikitpun adalah ciptaan Allah. Berikut beberapa kekurangan AdSense Hosted

1. Tempat Pendaftaran

Jika kamu membuat blogger, maka domain blog kamu akan memilki tambahan subdomain yaitu blogspot.com. sebagai contoh www.namablog.blogspot.com. Hal itu menyebabkan nama alamat domain kalian terlihat kurang professional. Karena orang langsung akan paham jika membaca domain yang berektensi blogspot adalah situs blog gratisan dan bisa saja menurunkan minat pengunjung untuk membaca artikel di dala blog. 

Oleh karena itu banyak blogger yang menggunakan blogspot namun menggunakan Domain sendiri, jadi domain yang dibeli dihubungkan dengan blogspot kita. Hal ini untuk membuat blog kita lebih professional dan kredibel yang orang lain tidak tahu bahwa kita juga menggunakan blogspot gratisan. Hanya saja kita menggunakan domain yang kita beli.
Tampilan Iklan

Untuk akun Google AdSense Hosted maka iklan hanya dapat di tapilkan pada Blogger blogspot, Youtube atau Admob saja. Jika kamu ingin menempatkan iklan di platform lain misalnya Wordpress maupun website maka tidak bisa, kamu harus mengupgrade akun AdSense ke Non Hosted terlebih dahulu. Dan itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Maka sebaiknya jika kamu memiliki keinginan untuk menampilkan iklan AdSense di platform lain maka disarankan lebih baik mendaftar akun AdSense Non Hosted.

Google AdSense Non Hosted

Dari kebalikan AdSense Hosted maka AdSense Non Hosted dapat menayangkan iklan di luar Platform Partner Resmi Google itu sendiri. 

Kelebihan Google AdSense Non Hosted

1. Tempat Pendaftaran

Pendaftaran untuk akun AdSense Non Hosted jauh lebih fleksibel karena tidak ada keterbatasan platform. Jika di hosted kita hanya dapat mendaftar melalui blogger. Sedangkan jika di non hosted kau bisa daftar melalui blog wordpress, atau website yang kamu hosting sendiri.

2. Tampilan Iklan

Keistimewaan akun AdSense Non Hosted adalah kita dapat menampilkan iklan di banyak platform. Kamu dapat menampilkan iklan di websit bahkan di youtube kamu. 

Kekurangan Google AdSense Non Hosted

1. Melewati Dua Tahapan Review

Untuk dapat di approve, website kamu harus melewati dua tahapan proses review, sehingga untuk dapat diterima memakan waktu yang sedikit lebih lama dibanding akun AdSense Hosted yang hanya melewati sekali proses review saja.

Walaupun sedikit lebih lama dalam pendaftaran, namun bisanya para blogger lebih memilih mendaftar akun AdSense Non Hosted ini. Karena dari segi kelebihan yang di dapatkan tanpa ada batasan menampilkan iklan.

Nah itu tadi sobat penjelasan mengenai apa perbedaan Google AdSense Hosted dengan Non Hosted, semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan mengenai perbedaan keduanya bagi kamu yang membacanya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menjelaskan.
Bagi sobat yang ingin menambahkan tentang perbedaannya, atau memberi pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar. Dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat bagi kalian ya.

Tidak ada komentar untuk "Inilah Perbedaan Akun Google AdSense Hosted dan Non Hosted"