Widget HTML Atas

Cara Membuat Postingan Blog di Blogger Terlengkap

Cara Membuat Postingan Blog

Hai sobat, kembali lagi bersama saya kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang blog yaitu membuat postingan di blog dan mengenal fungsi-fungsi yang dapat dilakukan di dalamnya. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara membuat blog, bagi kamu yang ketinggalan silahkan baca terlebih dahulu disini Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru 2020.

Postingan merupakan bagian penting dari sebuah blog, karena dialah konten yang akan mengisi sebuah blog. Blog tanpa adanya konten akan menjadi tidak memiliki arti. Maka dari itu kita sangat perlu mengisi konten blog kita dengan cara membuat postingan.

Tips Membuat Postingan Blog

1. Tentukan topik yang akan di bahas

Mungkin kalian terkadang bingung akan menulis apa atau membuat artikel apa. Saya yakin kalian pasti pernah mengalaminya. Untuk mengatasi hal tersebut yang harus kamu lakukan sebelum membuat postingan adalah menentukan topik yang ingin kamu bahas. Tapi mas aku bingung nentuin topiknya, okee tenang Tarik nafas dan gak perlu panik. Cara termudah dan paling mudah untuk mencari topik adalah dari blog yang kamu bangun sendiri. Misalnya kamu dari awal membuat blog tutorial ya isi saja konten yang memiliki topik tutorial. Misalnya blog kamu tentag otomotif buat saja topik konten kamu tentang dunia otomotif. Jadi tidak perlu bingung mencari topik apa tentang apa. Cukup berdasarkan dari blog yang kamu bangun. 

Itulah kenapa sangat penting menentukan Niche blog. Tujuannya agar konten blog kamu terarah.

2. Tentukan bahasa

Kenapa perlu memilih Bahasa saat akan menulis posting, ya ini sangat penting untuk diperhatikan. Jika blog yang kamu buat untuk skala nasional saja, maka bisa gunakan Bahasa Indonesia. Namun jika target pengunjung kamu adalah internasional atau mancanegara. Kamu bisa gunakan Bahasa inggis. Tujuannya apa, ini untuk menjaga kenyamanan pengunjung agar tidak bingung saat membaca postingan blog kita. 

Oke kita beri contoh ya, misalnya target kamu skala nasional artinya Indonesia saja. Tapi kamu menulis artikel dengan menggunakan Bahasa inggris, saat ada pengunjung yang tidak paham Bahasa inggris maka dia akan kebingungan dan akibatnya akan mencari blog lain yang berbahasa Indonesia. Ini tentu akan merugikan karna kita akan kehilangan pengunjung. 

Mengenal fitur postingan di blogger

1. Mode Penulisan

Di blogger terdapat dua mode penulisan yaitu Tampilan Menulis dan Tampilan HTML. Tampilan Menulis digunakan untuk menulis biasa pada umumnya, sedangakan Tampilan HTML digunakan untuk menulis menggunakan kode html. Namun bisanya tampilan html hanya digunakan jika ingin menambahkan kode html di dalam artikel yang tidak dapat dilakukan pada tampilan menulis.

2. Undo & Redo

Undo digunakan untuk mengebalikan aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Misalnya sebelumnya kita menghapus sebuah teks, jika kamu ingin mengembalikan teks yang sudah di hapus bisa mengklik tombol Undo.
Redo adalah kebalikan dari Undo yaitu kembali ke aktivitas terakhir setelah menggunakan fungsi Undo.

3. Format Penulisan

  • Jenis Font, digunakan untuk memilih font yang ingin kamu gunakan di dalam postingan.
  • Ukuran Font, terdapat enam jenis ukuran font yaitu, Terkecil, Kecil, Normal, Sedang, Besar, Terbesar.
  • Paragraph, terdapat enam jenis pilihan di antaranya, Judul Utama, Judul, Sub Judul, Judul Kecil, Paragraf dan Normal.
  • Bold, untuk menebalkan teks.
  • Italic, untuk membuat teks miring.
  • Underline, untuk membuat teks bergaris bawah.
  • Strikethrough, untuk membuat teks di coret.
  • Warna Teks, mengubah warna tulisan.
  • Warna Backgorund teks, mengubah warna background tulisan.
  • Hyperlink, digunakan untuk menyisipkan link di dalam teks.
  • Images, digunakan untuk memasukan gambar.
  • Videos, digunakan untuk memasukan video.
  • Emoji, memasukan karakter emoji.
  • Dan lain-lain.


Nah itu tadi pejelasan seputar cara membuat postingan di blog, mungkin dari uraian diatas masih ada yang kurang silahkan tambahkan di kolom komentar ya. Dan buat kamu yang memiliki pertanyaan silahkan juga tinggalkan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini keteman, keluarga atau kerabat kalian jika dirasa artikel ini memberikan manfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Postingan Blog di Blogger Terlengkap"