mp1VThWU8fa4deTVnYQHxZGF88fuZmAzNuDz055e
Pentingnya Sikap Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari-hari

Iklan Billboard 970x250

Pentingnya Sikap Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari-hari


Seputarinfomenarik.com - Sopan santun merupakan unsur penting dalam kehidupan bersosialisasi sehari - hari setiap orang, karena dengan menunjukan sikap santunlah, seseorang dapat diharagai dan disenangi dengan keberadaanya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat ia berada. Dalam kehidupan bersosialisasi antara sesama manusia, sudah tentu kita memiliki norma-norma / etika-etika dalam melakukan hubungan dengan orang lain namun perlahan mulai ditinggalkan khususnya di negara tercinta kita ini (Indonesia).


Pada dasarnya kita harus menerapkan sikap ini terhadap situasi dan kondisi apapun. Misalnya dirumah,disekolah maupun dilingkungan masyarakat intinya dimanapun adanya interaksi antar individu. Banyak lmanfaatnya kalau kita menerapkan sikap sopan kepada orang lain, mau tau apa aja? 

1. Dapat dihargai dihormati dan disenangi banyak orang
2. Dapat membina dan tetap menajaga hubungan baik oleh orang lain
3. Dapat membina dan tetap menajaga hubungan baik oleh orang lain
4. Dapat menumbuhkan rasa kepercayaan kepada orang lain terhadap kita
5. Menjadikan diri anda contoh yang baik bagi orang lain
Dan masih banyak lagi

Sikap sopan santun perlu dikembangkan sebab ini sangat erat kaitannya terhadap nilai dan norma kehidupan sosial, Norma yang harus dijunjung seperti norma agama,kesusilaan,semuanya perlu diterapkan norma kesopanan agar bisa berksinambungan. Apabila anda melanggar norma kesopanan anda akan dipastikan melanggar semua norma yang ada.

Banyak sekali contoh perilaku kesopanan yang harus anda pelajari, karena nilai kesopanan setiap daerah ataupun setiap negara pasti akan memiliki perbedaan tertentu, Jika dinegara kita dianggap sopan namun bisa jadi dinegara orang lain apa yang kita lakukan dianggap tidak sopan. Misalnya dijepang terdapat kebiasaan untuk membuka sepatu sebelum masuk kedalam rumah, dinegara lain hal itu justru dianggap tidak sopan.
Kita sebagai orang yang memiliki agama tentu memiliki akhlak yang jauh lebih baik daripada yang tidak,membiasakan sikap tersebut mulai dari dini merupakan suatu bentuk aspirasi terhadap diri sendiri dan akan berpengaruh dalam unsur kehidupan bersosialisasi sehari-hari.

Ada sebuah kutipan dari salah satu ulama besar islam (Syekh abdul Qodir Al-jailani) mengatakan aku lebih menghargai orang beradab ketimbang orang yang berilmu, kalau hanya berilmu iblispun ilmunya lebih tinggi dari manusia, karena itulah iblis berilmu tanpa beradab.

Nah dari kutipan diatas bisa kita simpulkan harus adanya keseimbangan antara beradab dan berilmu agar kita tidak sama dengan iblis yang hanya berilmu tanpa adanya adab :D
Baca Juga
SHARE
Ardiansyah6661
Nama saya Ahmad ardiansyah saya blogger atau freelance yang berasal dari sebuah desa kecil di jawa tengah tepatnya di desa mrisi kecamatan tanggungharjo kabupaten grobogan

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post