Rekam Jejak Digital Mengancam Karirmu di Masa Depan!

Rekam Jejak Digital Mengancam Karirmu di Masa Depan!


Seputarinfomenarik.com - tau kah kamu dulu disney sempat memecat sutradara James Gunn dari produksi film Guardians of the GalaxyVol 3, Tindakan tegas ini diambil setelah serangkaian twit atau cuitan lama Gunn yang berisi lelucon tentang pedofilia dan pemerkosaan muncul kembali.
"Sikap dan pernyataan ofensif yang ditemukan pada Twitter feed (milik) James tak dapat dimaafkan dan tak sejalan dengan nilai-nilai studio kami," kata Chairman Walt Disney Studios, Alan Horn, dalam sebuah pernyataan, Jumat (20/7/2018).
"Dan kami telah memutuskan hubungan bisnis dengan dia," tambahnya.
Twit-twit Gunn yang kontroversial itu sebenarnya sudah dihapus, namun baru-baru ini muncul kembali ketika situs web berita konservatif the Daily Caller mengungkapnya.
Gunn menulis twit tersebut sekitar 2009 hingga 2012, bertahun-tahun sebelum Gunn terpilih menyutradarai film-film Guardians of the Galaxy milik Marvel.
Belajar dari kasus diatas, ada baiknya jika kita lebih bijak dalam memposting sesuatu di media sosial terutama jika menyangkut isu isu yang sensitiv seperti radikalisme.
“ Saya bilang ke teman-teman yang kuliah. Nanti lima tahun lagi, lamaran tidak laku,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Rudiantara, sebagaimana dikutip dari Merdeka.com, Rabu 16 Mei 2016.
Rudiantara mengatakan, perusahaan tak jarang melacak jejak kandidat di dunia maya. Kalau ada unggahan negatif, perusahaan itu tidak akan meloloskan kandidat. “ Makanya, posting yang positif-positif,” kata dia.
Menurut Rudiantara, setiap konten yang beredar di dunia maya, akan terekam dalam bentuk jejak digital dan akan terus disimpan. Jejak digital ini bisa diperiksa.
“ Ini jangan main-main dengan jejak digital. Saya selalu bilang jejak digital itu bukan seumur hidup, tapi seumur-umur,” kata dia.
Rudiantara mengharapkan masyarakat mulai sadar bahwa menyebarkan konten negatif di dunia maya adalah tindakan yang merugikan, baik diri sendiri maupun orang lain.
Pemerintah juga tidak akan segan-segan untuk mengambil tindakan tegas kepada pihak yang menyebarkan konten negatif, baik individu maupun kelompok.
Jadi sebaiknya berfikirlah dulu sebelum memposting sesuatu di medsos, apalagi kalau kalian punya cita cita mau jadi anggota polri atau tni, karna satu postingan negatifmu hari ini, bisa menghambat karirmu di masa depan.

Semoga bermanfaat ya :D
Baca Juga
SHARE
Ardiansyah6661
Nama saya Ahmad ardiansyah saya blogger atau freelance yang berasal dari sebuah desa kecil di jawa tengah tepatnya di desa mrisi kecamatan tanggungharjo kabupaten grobogan
Subscribe to get free updates

Post a Comment