Etika Berkomunikasi Menggunakan Aplikasi Messenger

By | 11 Agustus 2019

Seputarinfomenarik.com Etika berkomunikasi menggunakan aplikasi messenger (WhatsApp, LINE, Telegram, SMS, dll.) pada dasarnya sama seperti etika mengirimkan e-mail. Namun ada hal-hal khusus yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Perhatikan waktu, sedapat mungkin jangan mengirim pesan di luar jam kerja, Jangan pernah mengirimkan pesan malam hari karena malam hari adalah waktu untuk beristirahat;
  • Selalu mengenalkan diri pada awal percakapan, karena dosen tidak selalu menyimpan nomor anda; dan Sampaikan keperluan anda dengan ringkas. Messenger hanya digunakan untuk pesan dan keperluan yang dapat dijawab secara singkat. Bila kalian perlu berdiskusi, maka temui dan berbicaralah secara langsung dosen tersebut.
  • Jangan bertanya seolah olah kalian “menginterogasi” dosen, contohnya dengan pertanyaan “Bapak dimana sekarang?”, “Skripsi saya sudah diperiksa belum Pak?”, dll. Dosen bukanlah teman sekolah anda, sehingga gunakan bahasa yang lebih sopan, misalnya dengan “Hari Jumat lalu saya telah mengirimkan berkas skripsi saya ke e-mail Bapak. Apakah ada yang perlu saya revisi Pak?”.


Pada aplikasi messenger kita tidak perlu menyertakan signature seperti pada e-mail, cukup mengenalkan diri saja di awal percakapan.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, khususnya bagi rekan-rekan mahasiswa yang senantiasa berjuang untuk meraih kesuksesan dalam perkuliahan.

Silahkan dibagikan ke sosial media kalian atau ke temen-temen ya 😀

One thought on “Etika Berkomunikasi Menggunakan Aplikasi Messenger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *