MLM vs Money Game Apa Sih Bedanya?

MLM vs Money Game Apa Sih Bedanya?


Selamat sore agan" admin hari ini bakal berbagi info nih tentang MLM nih dari pengalaman sendiri yang dulu juga pernah hampir bergabung dengan bisnis ini hehehe tapi sebelumnya admin mengucapkan selamat hari raya lebaran kepada para pembaca artikel ini yang beragama islam :D ,  bisnis MLM ini kebanyakan orang menganggap itu bisa dikatakan bisnis tipu-tipu tapi setidaknya bagi saya itu bisa mengomset (walaupun ga besar-besar amat).
Sebenarnya MLM itu bisa dikatakan suatu pola strategi marketing yang bisa dikatakan baru. Namun sayangnya perusahaan MLM tidak semuanya jujur bahkan perusahaan MLM yang bisa dikatakan baik justru dimanfaatkan perusahaan lain untuk membodohi para member dengan diiming-imingi bonus besar.
Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya yuk kita kenali apa itu money game?
Money game hanya menginginkan uang Anda dengan kedok bermacam-macam
Model bisnis semakin berkembang pesat, baik jenis maupun jumlahnya. Dua model bisnis yang populer akibat tumbuh pesat salah satunya adalah MLM dan Money Game. Jika skema bisnis MLM itu legal sedang money game ilegal. Anda harus hati-hati dan pintar membedakan khususnya mengenai money game karena bisnis ini dirancang untuk mencuri uang Anda.
MLM merupakan proposisi model bisnis yang menarik bagi banyak orang di mana anggotanya diberikan kesempatan untuk terlibat dalam sebuah sistem untuk mendistribusikan produk ke konsumen. Tidak seperti orang yang memulai bisnis dari awal, peserta pemasaran bertingkat memiliki dukungan dari perusahaan penjualan langsung yang memasok produk dan terkadang juga menawarkan pelatihan.
Sedangkan money game bergantung pada kemampuan anggota untuk merekrut orang untuk menjadi distributor produk atau layanan yang ditawarkan. Namun sejatinya bukan itu fokus bisnisnya karena money game menawarkan kesempatan untuk menghasilkan uang dengan mendaftar lebih banyak anggota untuk mencapai tingkat pencapaian tertentu.
Banyaknya anggota otomatis banyak setoran pendaftaran dan iuran yang masuk dijadikan bisnis utama, bukan produk maupun layanannya. Berikut ini cara membedakannya:
Hanya fokus mengejar jumlah anggota
Jika MLM fokus menjual produk dan jasa, lain halnya dengan money game yang hanya fokus mengejar jumlah anggota terdaftar untuk mendapatkan iuaran anggota. Dana anggota baru ini kemudian akan digunakan untuk memberikan keuntungan bagi anggota lama. Begitupun seterusnya.
Model investasi ini banyak digunakan untuk menjerat anggota baru dengan tawaran manfaat di luar kewajaran. Artinya model ini hanya fokus untuk menarik dana iuran pendaftaran maupun iuran lainnya.
Training dan keanggotaan dalam asosiasi
MLM ada wadah perkumpulan bagi perusahaan yang tergabung di dalamnya yaitu Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dan juga World Federation of Direct Selling Associations (WFDSA). Jika tempat Anda bergabung ikut dalam organisasi tersebut artinya legal. Biasanya anggota baru dibekali training produk yang cukup.
Lain halnya dengan money game. Mereka di lepas begitu saja dengan prinsip disuruh merekrut anggota sebanyak-banyaknya dengan tawaran keuntungan besar. Salah satu ciri lain adalah uang pendaftaran yang besar dan juga bonus besar.

Sistem Kerja MLM dan Money Game.

Anggota MLM seringkali disebut sebagai konsultan atau kontraktor maupun distributor (perusahaan yang berbeda menyebutnya hal yang berbeda). Anda bisa menghasilkan uang dengan menjual produk ke peserta pemasaran bertingkat lainnya. Jika mereka belum menjadi anggota perusahaan MLM Anda, Anda akan mendaftarkan mereka.
Selain menghasilkan uang dari penjualan Anda sendiri, juga memperoleh prosentase dari pendapatan yang dihasilkan oleh distributor yang Anda bawa ke program (downline Anda). Seringkali ada bonus untuk menjual sejumlah produk tertentu atau mendaftar sejumlah anggota baru.
Bahkan Anda bisa mendapatkan mobil dan tiket perjalanan serta uang tunai. Kedengarannya bagus, bukan? Dan menjadi bagian dari bisnis MLM yang dikelola dengan baik bisa sangat mirip dengan anggota keluarga besar.
Sedangkan money game, sekilas mirip dengan sistem kerja MLM. Namun, jika diteliti lebih lanjut, bisnisnya hanya mencari anggota baru untuk ditawarkan skema investasi atau yang lainnya. Dana yang masuk digunakan untuk memberi manfaat atau keuntungan bagi anggota yang daftar lebih dulu. Begitu seterusnya.
Skema Money Game Hanya Punya Satu Tujuan
Perbedaan besar antara pemasaran multi level dan skema piramida adalah cara operasional bisnis. Seluruh tujuan skema money game adalah untuk mendapatkan uang Anda dan kemudian menggunakan Anda untuk merekrut korban lainnya.
Beda halnya dengan tujuan MLM, yang memindahkan/menjual produk. Teori di balik MLM adalah semakin besar jaringan distributor, semakin banyak produk yang akan dapat dijual oleh pebisnis.
Lalu dari sinilah MLM yang memuat unsur moneygame itu diharamkan oleh MUI, dan MUI mengeluarkan "ultimatum" berkaitan MLM yang dihalalkan menurut syariat islam. Berikut 13 syarat bagi MLM yang diperbolehkan (halal) sesuai dengan fatwa No: 75/DSN MUI/VII/2009 yang disahkan pada 25 Juli 2009:
1) Ada obyek transaksi ril yang diperjualbelikan terdiri dari barang atau produk jasa.
2) Barang atau produk jasa yang bukan menawarkan barang yang diharamkan dan bukan yang digunakan untuk digunakan sesuatu yang haram.
3) Transaksi dalam perdagangan tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat.
4) Tidak ada kenaikan harga / biaya yang berlebihan (mark-up yang berlebihan)
5) Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota, besaran maupun bentuknya harus berdasarkan prestasi kerja yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan produk, dan harus menjaga pendapatan utama mitra usaha.
6) Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota harus jelas jumlahnya, saat transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk yang ditetapkan perusahaan.
7) Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang peroleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang atau jasa.
8) Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan oleh anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra.
9) Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antar anggota pertama dan anggota berikutnya.
10) Sistem perekrutan, bentuk penghargaan dana secara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan sebagainya.
11) Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan wajib membina dan mengawasi anggota yang direkrutnya.
12) Tidak melakukan kegiatan money game.
13) Dalam penerapan Maqashid Syariah untuk melithat halal atau tidak, maka harus dilihat sejauh mana praktiknya setelah dikaji sesuai dengan ajaran agama syariat Islam. Jadi tidak serta merta dilihat dari merk dan labelnya apakah berlabel syariah atau tidak, tetapi penting mengedepankan beberapa persyaratan yang sesuai dengan syariat islam agar tercapainya sebuah Mashlahat.
Tips dan trik mengetahui apakah MLM yang anda jalankan itu sesuai syariat Islam apa tidak ?
1. Pastikan disaat presentasi perhatikan dari mana perusahaan itu menawarkan anda bisnis.
2. Perhatikan sistem kinerja bisnisnya apakah berfokus ke jualan sambil mencari mitra usaha atau sekedar mencari orang lain saja ? Jika hanya berfokus ke mencari orang saja, hentikan!
3. Riset dari mana perusahaan itu apa, perhatikan juga track recordnya pula. Karena jika perusaahan itu track recordnya buruk, lebih baik tinggalkan segera.
4. Pastikan disaat presentasi itu anda mencatat apa prestasi perusahaannya, apakah dekat dengan pejabat pemerintahan ? Apakah dia memberikan testimoni yang jujur ? Atau apakah dia menawarkan banyak produk ? Jika tidak, TINGGALKAN SEGERA! Karena berindikasikan moneygame
5. Pastikan imbalan dari perusahaan MLM itu sebanding dengan usaha penjualan anda/merekrut mitra usaha anda.
6. Jika anda diiming-imingi mendapatkan bonus besar dalam waktu 1 bulan, TINGGALKAN!
7. Pastikan baik leader, upline dkk siap membantu anda dalam menjalankan usaha anda dari segi teknis, materi, maupun mental anda.
8. Pastikan anda punya uang, dan punya niat ingin punya penghasilan sendiri

Pendapat admin!

Menurut admin sih semua bisnis diatas MLM (Qnet) maupun Money game ada baik dan buruknya, jujur saja menurut admin yang pernah hampir gabung bisnis tersebut. 
kalian jangan tergiur dengan harta harta yang ditampilkan saat presentasi mereka atau oknum MLM (QNET) mempunyai cara yang cukup licik untuk mengelabui kalian khususnya yang baru lulus sekolah hehehee hati-hati saja bisa saja temen atau kerabat kalian gabung bisnis ini 

nah itulah sedikit info mengenai MLM dan Money game menurut admin nih sesuai pengalaman juga yang pernah hampir gabung dan sudah mencicipi ceramahan dari seorang membernya wkwkwkw


silahkan dishare apabila bermanfaat :D
Baca Juga
SHARE
Ardiansyah6661
Nama saya Ahmad ardiansyah saya blogger atau freelance yang berasal dari sebuah desa kecil di jawa tengah tepatnya di desa mrisi kecamatan tanggungharjo kabupaten grobogan
Subscribe to get free updates

Post a Comment