Gamers Wajib Tahu! Pemeringkatan Dalam Game

Gamers Wajib Tahu! Pemeringkatan Dalam Game

Seputarinfomenarik.com - Menurut Entertainment Software Rating Board (ESRB) berdiri pada tahun 1994 adalah badan bentukan industri permainan elektronik untuk pemeringkatan produk game karena kritik masyarakat terhadap konten kekerasan dan seksual dalam game.
Kita ambil contoh kasusnya dari salah satu game favorit admin Grand Theft Auto, banyak anak dibawah umur (17 tahun kebawah) memainkan game ini di rumah melalui konsol yang dibelikan oleh orangtuanya. Padahal Grand Theft Auto adalah game yang hanya boleh dimainkan oleh orang dewasa karena didalamnya banyak sekali aksi kekerasan.
Jadi para orang tua atau siapapun yang ingin memainkan game, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu rating game tersebut.
1. Early Childhood
Untuk anak-anak usia dini. Ada yang membatasi 8 tahun kebawah, ada pula membatasi 10 tahun kebawah
2. Everyone
Untuk segala usia. Kalaupun ada kekerasan itu serupa adegan film animasi untuk anak-anak. misal: The Ant, Bully (Game Boy Advance)
3. Everyone 10+
Untuk anak-anak berusia 10 tahun keatas. Biasanya memuat unsur kartun. Misal: Point Blank DS, The Ant Bully (PS2, Wii, Windows)
4. Teen 
Untuk 13 tahun keatas. Boleh ada sedikit kekerasan, humor kasar, darah, perjudian, dan ucapan kasar. Misal: Cross Fire, War Rock, Future Cop, Atlantica, Bully (PS2, PS3, PS4)


BACA JUGA:




5. Mature 17+
Untuk dewasa 17 tahun keatas. Boleh ada kekerasan, darah, unsur seksual, dan umpatan. Misal: Grand Theft Auto, Call of Duty, Counter Strike, Mortal Kombat, Conflict Vietnam, ShellShock, Camageddon
6. Adults Only 18+
Untuk dewasa 18 tahun keatas. Dimungkinkan porsi lebih untuk kekerasan, darah, unsur seksual, perjudian, dan kata-kata tak sopan. Misal: Riana Rouge, Thrill Kill, Grand Theft Auto 5
7. Rating Pending
Proses penilaian belum tuntas. Cuplikan game hanya muncul dalam iklan. Begitu terbit peringkat resmi dari ESRB, cap ini harus disingkirkan dari produk.


Nah itulah urutan pemeringkatan game, nah bagi kalian para gamers wajib tahu hehehe

Silahkan dishare apabila bermanfaat :D

Baca Juga
SHARE
Ardiansyah6661
Nama saya Ahmad ardiansyah saya blogger atau freelance yang berasal dari sebuah desa kecil di jawa tengah tepatnya di desa mrisi kecamatan tanggungharjo kabupaten grobogan
Subscribe to get free updates

Post a Comment