Apa Itu Meme? Dan Bagaimana Perkembangannya Di Indonesia?

Apa Itu Meme? Dan Bagaimana Perkembangannya Di Indonesia?


Selamat malam agan" dikesempatan kali ini admin bakal membahas tentang Meme nih, karena banyak yang belum tau meme itu apa dan, menurut admin topik ini cukup bagus untuk dibahas bersama.

Apa itu meme?

Meme (baca: Mim) bukan mei-mei ya hehehe adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Meme merupakan neologisme yang diciptakan oleh Richard Dawkins.
Berikut merupakan contoh meme: gagasan, ide, teori, penerapan, kebiasaan, lagu, tarian dan suasana hati. Kata meme pertama kali dikenalkan oleh Dawkins melalui bukunya The Selfish Genepada tahun 1976.[2][5] 

(Richard Dawkins)
Dawkins memakai istilah ini untuk mendefinisikan lahirnya budaya dengan anggapan terjadinya merupakan bentukan dari banyak replikator. Meme tidak selalu terkopi secara sempurna, bahkan dapat hilang, tercampur atau bahkan berubah dikarenakan pengaruh dari ide lainnya, sehingga menjadikan suatu meme yang baru. 
Meme tersebut (meme yang baru) dapat menjadi lebih baik (atau buruk) sebagai replikator dibandingkan dengan meme sebelumnya, hal inilah yang menjadi kerangka hipotesis dari evolusi budaya, analogi tersebut membimbing kita menuju evolusi biologi yang berbasiskan gen, Meme yang ditularkan menyebabkan pembentikan kebiasaan seseorang Sebagai contoh kebiasaan berpakaian yang ditularkan seorang artis. Kebiasaan ini pada akhirnya memengaruhi banyak orang pada kehidupan biasa.
Bidang yang menelusuri bagaimana meme menyebar sehingga membentuk budaya disebut memetracker.

Bagaimana perkembangan meme di Indonesia?

Di indonesia sendiri meme muncul dimulai dari fanspage facebook MCI atau dengan kepanjangan Meme Comic Indonesia merupakan sebuah komunitas meme terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1,7 juta member. Meme Comic Indonesia memulai debutnya di tahun 2012 melalui sebuah facebook fanpage yang dinamakan Meme Comic Indonesia.
yang pertama kali dibuat oleh seseorang yg sangat tamvan bernama Mr."P" yang kemudian menjadi sangat terkenal dengan nama panggung "Admin P", yang kemudian merekrut beberapa admin lain seperti Admin S, Admin Kit_ty dan masih banyak lagi.

(Logo Fp Meme Comic Indonesia)



Artikel Terkait:


namun admin menilai meme dulu sangatlah berbeda dengan meme zaman sekarang khususnya 2015 keatas, mungkin perbedaan menurut admin adalah dari pembahasan topik sejauh dari pengamatan admin sih meme 2015 kebawah masih dalam masuk meme yang 'sehat' maksud admin disini adalah meme yang membahas topik-topik keseharian atau apapun yang tidak mengandung SARA ataupun Cinta-cintaan, berbanding terbalik dengan meme sekarang atau 2015 keatas, meme zaman sekarang cenderung lebih banyak membahas cinta-cintaan, TOXIC (berbicara kasar/kotor) dan politik kalian bisa melihat sendiri fp Meme Comic Indonesia (MCI) atau fp meme lainnya admin sendiri sangat miris dengan hal ini meme yang seharusnya menghibur sekarang berubah menjadi provokator atau SAMPAH!


Bagaimana tanggapannya nih dengan meme zaman sekarang? setujukah dengan admin? berikan komentarnya ya :D
Baca Juga
SHARE
Ardiansyah6661
Nama saya Ahmad ardiansyah saya blogger atau freelance yang berasal dari sebuah desa kecil di jawa tengah tepatnya di desa mrisi kecamatan tanggungharjo kabupaten grobogan
Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post