5 CMS Terbaik Menurut Pengalaman Pribadi - Seputarinfomenarik.com

5 CMS Terbaik Menurut Pengalaman Pribadi - Seputarinfomenarik.com

Selamat malam agan" khususnya di wilayah jawa tengah :) kali ini admin akan membahas info teknologi nih yang berhubungan dengan dunia tulis (Blogging) dikesempatan kali ini admin membahas sebuah hal yang sangat penting di dunia tulis menulis secara online (blogging) nih yaitu CMS ( Content Management System ) pada dasarnya CMS merupakan suatu software atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur dan memanipulasi suatu web. Namun di CMS ini kita sebagai pihak pengelola tidak diwajibkan menguasai bahasa pemrograman web karena sudah tersedia berbagai macam tools atau pilihan.

Ada 2 macam elemen dalam CMS, yakni
CMA ( Content Management Application )
CDA ( Content Delivery Application )

Aplikasi manajemen konten (CMA) adalah antar muka pengguna front-end yang memungkinkan pengguna, bahkan dengan keahlian terbatas, untuk menambah, memodifikasi, dan menghapus konten dari situs web tanpa campur tangan
webmaster.
Aplikasi pengiriman konten (CDA) mengkompilasi informasi itu dan memperbarui situs web. Sistem manajemen aset digital adalah tipe lain dari CMS. Mereka mengelola konten dengan pemilik atau kepemilikan yang jelas, seperti dokumen, film, gambar, nomor telepon, dan data ilmiah. Perusahaan juga menggunakan CMS untuk menyimpan, mengontrol, merevisi, dan menerbitkan dokumentasi.
Saat ini tersedia kurang lebih 42 CMS dengan berbagai macam tampilan dan fungsi yang berbeda beda.
Eithh.. But, Dibawah ini admin akan mereview 5 CMS yang cukup enak gurih, yakni :

  • WordPress
CMS jenis ini merupakan yang terbaik dan paling sering digunakan hingga saat ini. Perangkat lunak ini bersifat open source atau sumber terbuka dan menggunakan bahasa PHP serta pengelolaan database menggunakan MySQL.
WordPress ini banyak digunakan sebagai CMS (Content Management System) untuk mengelola personal blog ataupun blog suatu perusahaan Sebagai suatu blog, WordPress ini dianggap memiliki responsible kuat terhadap mesin pencari Google.

  • Drupal
Sama halnya dengan WordPress perangkat lunak yang satu ini juga bersifat open source dan sampai saat ini sudah ada ribuan komunitas atau pengembang web di seluruh dunia yang mengembangkan dan merawatnya.
CMS ini menggunakan lisensi GPL. Dibangun dengan menggunakan bahasa PHP, Drupal ini juga dapat dipasang
pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MariaDB dll.

  • Joomla
CMS ini juga memakai lisensi GPL dan juga bersifat Open Source sehingga dapat mengalami pengembangan yang dilakukan oleh berbagai pihak komunitas ataupun pengembang web.
Perangkat lunak Joomla ini juga dibangun menggunakan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. Berbagai fitur menarik ditawarkan seperti sistem cache untuk meningkatkan performa, RSS, blogs dll.

  • Vbulletin
Berbeda halnya dengan CMS sebelumnya yang bersifat free atau gratis Vbulletin ini bersifat berbayar dan lebih sering digunakan sebagai portal web atau suatu forum diskusi terbuka dengan skala besar.
Biasanya dikenal dengan istilah e-forum. Vbulletin ini juga dibangun menggunakan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL.

  • Magento
Sama halnya seperti Drupal CMS Magento ini cocok digunakan untuk e-commerce atau toko online dengan fitur yang lengkap dan sangat menarik.
Pada awalnya Magento bersifat Open Source sehingga berbagai macam pengembangan dapat dilakukan namun saat ini juga tersedia versi komersil atau enterprise.
Btw, yang suka ADM (Add Admin Magento), Please say hastag #KamiBersamaMagento
Berdasarkan statistik pangsa pasar, sistem manajemen konten yang paling populer adalah WordPress digunakan lebih dari 28% dari semua situs web di Internet dan 59% dari semua situs web menggunakan sistem manajemen konten yang dikenal diikuti oleh Joomla dan Drupal.



Oh ya untuk sistem manajemen konten (CMS) biasanya menyediakan fitur,
1.Optimisasi Mesin Pencari.
2.Dokumentasi terintegrasi dan online.
3.Modularitas dan ekstensibilitas.
4.Fungsionalitas pengguna dan grup.
5.Dukungan templating untuk perubahan desain.
6.Instalasi dan peningkatan penyihir.
7.Log audit terintegrasi.
8.Kepatuhan terhadap kerangka kerja dan standar aksesibilitas.
9.Mengurangi kebutuhan untuk kode dari awal.
10.Kontrol versi.
11.Edit manajemen izin.
12. Dll. (Monggo yang mau menambahkan)



Itulah info mengenai teknologi di dunia internet (Blogging) yang disebut dengan CMS
dan sudah mereview 5 CMS terbaik menurut pengalaman pribadi.

Silahkan beri kritik dan saran untuk artikel ini ya :D


Untuk Mendapatkan Update Artikel Gratis Melalui Email Kalian Bisa Mem Follow Situs Ini



Contoh Seperti Gambar Berikut:





Baca Juga
SHARE
Ardiansyah6661
Nama saya Ahmad ardiansyah saya blogger atau freelance yang berasal dari sebuah desa kecil di jawa tengah tepatnya di desa mrisi kecamatan tanggungharjo kabupaten grobogan
Subscribe to get free updates

Post a Comment