Samsung Galaxy Fold Resmi Rilis , Berikut Spesifikasi dan Harganya

Samsung Galaxy Fold Resmi Rilis , Berikut Spesifikasi dan Harganya

Info Teknologi - Setelah ditunggu bertahun-tahun, Samsung Electronic Co Ltd secara resmi memperkenalkan Samsung Galaxy Fold, smartphone layar lipatnya di acara Samsung Galaxy UNPACKED di San Francisco, AS, Rabu kemarin.
"Samsung Galaxy Fold adalah salah satu perangkat yang mewah," kata Justin Denison, SVP Product Marketing Samsung saat meluncurkan Galaxy Fold, dalam acara tersebut.

Berikut Spesifikasi Dan Harga Dari Samsung Galaxy Fold :


  • Desain dan Layar
Seperti namanya, ini adalah smartphone lipat. Konsepnya adalah kita menutup layarnya ke dalam layaknya buku, dan di bagian luarnya terdapat layar juga.
Samsung Galaxy Fold memiliki dua ukuran layar, yakni panel utama 7,3 inci QXGA+ tipe Dynamic AMOLED dengan resolusi 1536 x 2152 (aspek rasio 4,2:3) saat dibuka (tablet) dan panel cover (panel di bagian luar) 4,6 inci dengan resolusi 840x1960 + tipe Super AMOLED rasio 21:9 saat ditutup (ponsel).
Di sisi atas layar bagian kanan sebuah notch atau poni yang memanjang sebagai tempat kamera ganda dan sensor depan.
Selain notch, di sisi bawah layar kanan juga terdapat colokan USB-C, sementara speakerter letak di sisi bawah layar sebelah kiri. Sensor pemindai sidik jari berada di sisi kanan saat perangkat berada dalam mode smartphone.
Layar Galaxy Fold menggunakan teknologi Infinity Flex Display yang diperkenalkan di SDC 2018 atau Samsung Developer Conference pada November 2018 lalu. Dengan teknologi ini, memungkinkan kita berulang kali membuka dan menutup perangkat tanpa degradasi layar.
Samsung pun mengklaim kalau engsel yang ada di bawah layar fleksibelnya sudah secara spesifik didesan dengan melewati ribuan kali uji coba buka tutup tanpa rusak. Engselnya terdiri dari banyak teknologi rumit, yang dijanjikan Samsung akan menghasilkan rasa klik yang menyenangkan ketika gadget dilipat.

  • Dapur Pacu dan Kamera
Galaxy Fold dibangun prosesor berkonsep octa-core 7nm Snapdragon 855 dan ditopang RAM 12GB. Smartphone ini tidak memiliki slot microSD tapi hadir dengan memori internal 512GB.
Dalam perangkatnya, terdapat dua buah baterai karena kondisi bodi yang terpisah. Namun dua baterai ini akan diperlakukan jadi sebuah baterai yang kapasitas totalnya adalah 4.380mAh. Terdapat pula teknologi fast charging yang kompatibel dengan atau tanpa kabel (Nirkabel).
Untuk kamera, Galaxy Fold mengusung 6 kamera, yakni tiga kamera utama dan dua kamera di depan, serta satu kamera di covernya.
Adapun spesifikasi kamera terdiri dari tiga kamera utama ultra wide 16MP dengan aperture F2.2, lensa wide 12MP dual aperture F1.5 dan F2.4 dan dilengkapi OIS, serta kamera telephoto 12MP dengan aperture F2.4 dan OIS.
Kedua kamera depannya memiliki lensa telephoto 10MP dengan aperture F2.2 dan RGB depth 8MP dengan aperture F1.9.

  • User Interface
Samsung menggunakan laman antarmuka terbarunya, yakni One UI yang ketika diterapkan di Galaxy Fold membawa fitur unik dan menyokong fungsi perangkatnya sebagai teknologi lipat.
Pertama, terdapat kontinuitas aplikasi ketika terbuka dan tertutup. Jadi jika Anda sedang mengamati Google Maps ketika perangkat tertutup, lalu ketika Anda membuka perangkat Anda akan mendapatkan gambar lebih besar di tampilan yang sebelumnya Anda buka di lauar lebih kecil.
Juga berkat layarnya yang luas saat berposisi sebagai tablet, Samsung Galaxy Fold mengusung fitur three app multitasking di mana pengguna bisa mengoperasikan tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar. Aplikasi utama terbuka besar di bagian kiri, dan ada dua jendela kecil di bagian kanan terbagi atas bawah.



  • Fitur- Fitur Lain
Samsung Galaxy Fold memiliki sensor fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Untuk speaker menggunakan teknologi AKG sound dari Dolby Atmos.
Samsung Galaxy fold juga mempunyai fitur app continuity yang memuluskan antarmuka dari mode smartphone ke mode tablet. Sebagai contoh, tampilan aplikasi Google Maps pada layar Fold yang tengah terlipat akan membesar saat gawai tersebut dibuka, diikuti dengan jeda sekitar satu detik.
Aplikasi seperti WhatsApp, Microsoft Office, dan YouTube semuanya telah dioptimalkan untuk tampilan dan mode baru. Samsung telah bekerja dengan Google untuk memastikan Android sepenuhnya mendukung tampilan ini.
Samsung Galaxy Fold sendiri menjalankan OS Android 9 Pie serta opsional dukungan 5G, selain itu Galaxy Fold ini memiliki kemampuan pengecasan nirkabel dan menjadi powerbank nirkabel.
Galaxy Fold akan mengusung beberapa warna, Space Silver, Cosmos Black, Martian Green, serta Astro Blue.



  • Harga
Di Amerika Serikat, perangkat ini akan tersedia mulai 26 April mendatang, harga mulai 1.980 dolar AS atau sekitar Rp27 juta (kurs Rp14.055). Samsung juga akan memasarkan ke Eropa pada 3 Mei mendatang, harga mulai 2.000 euro atau sekitar Rp31 juta (kurs Rp15.933).

Apakah Bakal Dijual Di Indonesia?
Denny Galant, Head of Product Marketing Samsung Mobile , Samsung Electronics Indonesia, mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk ikut memasarkan Samsung Galaxy Fold di Indonesia.
"Kita berharap mudah-mudahan bisa segera merealisasikan itu (Galaxy Fold) ke Indonesia. Tapi waktunya kapan terus terang kita belum tahu," ujar Denny
Ketika ditanya apakah ada kemungkinan Galaxy Fold akan masuk tahun ini ke Indonesia, Denny pun tidak bisa memastikan.

"Tahun ini? enggak bisa janji. Tapi mudah-mudahan bisa segera kita masukkan," tegasnya.
Baca Juga
SHARE
Ardiansyah6661
Nama Saya Ahmad Ardiansyah Saya Blogger Atau Freelance Yang Berasal Dari Sebuah Desa Kecil Di Jawa Tengah Tepatnya Di Desa Mrisi Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan
Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post